Tentang Acara Ini

Teknologi digital railway yang akan diadopsi oleh kereta api cepat di Indonesia merupakan sistem FRMCS (Future Railway Mobile Communication System). Terdapat beberapa aspek teknologi yang menyertainya yaitu teknologi MIMO dan karakteristik small cell. Studi komprehensif mengenai path loss menjadi sangat penting untuk menilai kualitas komunikasi saat transmisi sinyal dilakukan. Mengingat propagasi kereta api cepat sangat unik, maka pendekatan the study of path loss pada kereta api cepat berbeda dari pemodelan path loss empiris lainnya. Hal ini mendorong, peneliti di bidang telekomunikasi untuk mengaplikasikasikan machine learning untuk prediksi path loss.

Pada kesempatan transfer knowledge ini, pendekatan grey box modeling dilakukan untuk memvalidasi rumus path loss yang berisikan hubungan kausal dari fenomena yang terkait. Pendekatan grey box yang memadukan white box yang berisikan fenomena fisis dengan black box yang berbasis data driven akan menghasilkan sebuah model path loss yang akurat.

Model path loss yang dihasilkan dapat dijadikan acuan untuk membangun infrastruktrur kereta api cepat dengan analisai link budget yang optimal

Link Youtube
Penyelenggara
616 Followers

Sesi Acara

03 August 2022, (15:30 - 17:30 WIB)
Narasumber
Selvi Lukman,S.E, S.T., MT
(Mahasiswa S3 Teknik Fisika ITB)
Membawakan Materi
Determination of Path Loss Parameters for Line of Sight Scenario in 5G HSR Communication System